Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya membiarkan Gibran Rakabuming Raka untuk fokus mengurusi Solo, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Djarot merespons nama Gibran Rakabuming Raka yang digadang gadang bakal maju di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI 2024. Menurut Djarot, menjadi seorang pemimpin itu tidak bisa instan, termasuk anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Mas Gibran diberikan kesempatan bagaimana seorang pemimpin itu tidak bisa instan. Biarkan dia fokus terlebih dahulu di Solo," kata Djarot di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Di sisi lain, kata Djarot, Pilgub 2024 masih sangat lama. Karena itu, ia meminta Wali Kotauntuk bekerja maksimal demi memajukan Solo. "Untuk ke depan itu nanti melalui proses toh masih sangat lama, masih 2024. Jadi sudah fokus saja di Solo untuk kerja maksimal untuk lebih memajukan rakyat Solo," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut dirinya mendapatkan pesan khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dimana, kedua tokoh itu memberikan masukan agar Gibran maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub). Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, bahwa pesan pesan itu bisa saja diberikan kepada Gibran.

Namun, Puan menyebut, soal Pilgub dinilai masih jauh waktunya yaitu setelah Pemilu serentak, 14 Februari 2024. "Bisa saja. Itu kan masih nanti Pilkadanya tahun 2024. Kan karena Pilkada kita lakukan secara serentak 2024," kata Puan usai acara Haul ke 52 Bung Karno di halaman Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022) malam. Maka dari itu, Puan mengajak seluruh kepala/wakil kepala daerah untuk fokus terhadap tugasnya di masa sisa jabatan hingga 2024.

Hal tersebut, agar para kepala daerah mampu bermanfaat bagi daerahnya hingga akhir masa jabatan. Selain itu, Ketua DPR RI itu juga menyebutkan bahwa Gibran termasuk kader PDIP yang dipertimbangkan maju dalam Pilkada 2024. "Kan PDIP, Alhamdulillah punya banyak kader mumpuni maju di Pilkada yang akan datang. Tentu saja Mas Walikota Solo jadi salah satu kader sesuai dengan mekanisme kami pertimbangkan maju di Pilkada 2024," terang Puan.

Namun, Puan tak menjelaskan soal kemungkinan Gibran dimajukan dalam Pilkada Gubernur di daerah mana. Pasalnya, saat ini partai tengah fokus soal menghadapi Pemilu 2024. "Setelah kita selesai pilpres, bulan Februari, baru kita persiapan pilkada. Jadi sekarang fokus pada posisi jabatan di kabupaten kota atau provinsi saja," jelas Puan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *