Live streaming adalah strategi digital marketing yang kini sudah banyak diterapkan dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan. Hal itu tidak terlepas dari kelebihan live streaming yang dapat mendatangkan banyak pelanggan. Karena itu, ada banyak website live streaming yang bisa diakses oleh pebisnis secara gratis. Apa saja website tersebut? Simak daftar berikut ini !

  1. Periscope

Periscope adalah salah satu alat marketing yang diluncurkan dan dimiliki oleh Twitter yang saat ini sedang menanjaki tangga popularitas. Mengingat aplikasi ini terintegrasi langsung dengan Twitter, maka Periscope siap membantu kamu untuk tetap terkoneksi dengan followers brand kamu di Twitter dan sekaligus memungkinkan para audience untuk langsung mengetahui adanya live streaming yang sedang berlangsung di akun Periscope brand kamu.

Selain itu, Periscope juga akan membantu kamu menemukan akun – akun livestreamer lainnya yang sudah aktif menggunakan Periscope terlebih dahulu, sehingga memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan orang – orang nyata yang mungkin akan menjadi customer potensial kamu. Orang – orang yang menyaksikan siaran kamu juga bisa langsung meninggalkan komentarnya dan langsung berinteraksi dengan kamu secara live.

  1. Meerkat

Kompetitor utama dari Periscope adalah Meerkat yang memiliki fungsi sama namun memiliki tambahan fitur – fitur inovatif yang memungkinkan para pengguna yang menonton live streaming untuk melakukan take over selama 60 detik. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna berpikir kreatif dengan menggunakan fitur ini untuk memaksimalkan interaksi dengan fans dari brand kamu.

  1. Facebook Live

Facebook juga tak ketinggalan menyediakan website live streaming gratis. Pengguna Facebook Live bisa memilih Live Video dan akan masuk ke kolom pemberian deskripsi serta akses untuk memilih audiens. Saat live streaming berlangsung, pengguna akan memiliki akses untuk mengetahui jumlah orang yang menonton, nama – nama orang yang menonton, dan menerima komentar secara live. Setelah siaran selesai, maka video yang dibuat secara otomatis akan tersimpan dalam timeline brand kamu.

  1. YouTube Live

Seperti diketahui YouTube merupakan salah satu website live streaming free paling universal yang bisa dipilih. Selain bisa menjangkau audiens yang luas, namun YouTube Live juga menyediakan analitik yang kuat dan menawarkan opsi monetisasi.

Kemudian YouTube juga bisa menyimpan setiap live streaming kamu sehingga para pengguna bisa menonton tayangan ulang kapanpun mereka inginkan. Lebih dari itu, YouTube Live juga berfungsi sebagai live chat sehingga audiens bisa mengirimkan pesan kepadamu dan satu sama lain sepanjang live streaming berlangsung.

  1. Instagram Live

Instragram saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk berbagi foto saja, namun juga menawarkan mendapatkan banyak pelanggan dari live streaming untuk berbagi konten. Nantinya pengikut kamu akan mendapatkan notifikasi agar mereka bisa menonton video live stream. Instagram juga otomatis akan menyimpan live streaming kamu ke IGTV sehingga siapapun bisa menonton tayangan ulangnya nanti.

  1. IDN Live dari IDN App

Kamu juga bisa coba berjualan dan membuat konten melalui live streaming di IDN App. Kenapa harus di IDN App? Karena memiliki banyak fitur dan tidak hanya bisa live streaming saja. IDN App merilis fitur terbarunya di IDN Live, yakni user-generated content (UGC) feature.

Dengan fitur tersebut, IDN Live ingin membuka kesempatan seluas – luasnya bagi semua orang, terutama content creator dan streamer di kalangan Gen Z di Indonesia agar lebih leluasa berekspresi dengan cara membuat konten live streaming di IDN Live.

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *