Oli merupakan salah satu elemen penting ketika sedang menggunakan mobil. Oli Mesin merupakan sebuah cairan untuk memberikan pelumas pada mesin mobil. Sementara oli gardan berguna untuk melindungi pinion gear agar tidak langsung bersentuhan dengan bearing.

Inilah 3 Perbedan Oli Gardan dan Mesin pada Mobil

Khusus untuk pengguna mobil Toyota tentu pernah melakukan aktivitas ganti Oli Mesin maupun Gardan. Kebanyakan dealer Toyota memang menawarkan kepada para pelanggannya untuk memperhatikan dua komponen ini. Berikut adalah 3 perbedaan oli gardan dan mesin pada mobil :

  1. Perbedaan dari Aspek Fungsinya

Oli mesin memiliki fungsi untuk melumas komponen komponen mesin, sementara oli gardan hanya untuk memberikan pelumas di area kontak gigi di bagian box gardan. Tugas lain dari oli mesin adalah sebagai pembersih komponen mobil.

Apabila oli mesin tidak ada ganti maka komponen mobil dapat mengalami kerusakan atau berkarat. Sementara fungsi lain dari oli gardan sendiri untuk menyalurkan energi atau tenaga bagi gear gear mobil agar bekerja optimal.

  1. Perbedaan dari Aspek Waktu Pergantian

Perbedaan lainnya dari oli mesin dan gardan ada pada waktu menggantinya. Pergantian oli mesin biasanya orang lakukan setiap 3 bulan sekali agar komponen kendaraan roda empat ini tetap terjaga. Jika masih bingung bisa langsung menanyakannya di dealer Toyota Jakarta.

Pergantian oli gardan sendiri biasanya orang lakukan setiap kali kendaraan menempuh jarak 10.000 km. Untuk menjaga performa mobil agar tetap stabil maka oli gardan harus seseorang ganti ketika jarak tempuh ini terpenuhi.

  1. Perbedaan Berdasarkan Aspek SAE

Society of Automotive Engineers atau sering orang sebut juga dengan istilah SAE merupakan lembaga internasional yang menentukan standarisasi kekentalan di dalam oli alat transportasi. Ketentuannya dari lembaga ini sangat penting dalam penggunaan oli.

Memakai oli sesuai dengan kode pada SAE ini sangat penting. Oli Mesin memiliki kode SAE yaitu 10W3 dari tingkat kekentalannya. Sementara oli gardan sendiri punya kode SAE 90-140 dari setiap pemakaiannya.

Demikian informasi mengenai 3 perbedan oli gardan dan mesin pada mobil. Memahami hal ini sangatlah penting sebagai pemilik mobil terutama jika Anda jarang melakukan servis atau mengganti kedua jenis oli ini.

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *